Percabangan dan Perulangan pada Python

Percabangan
Percabangan adalah suatu keadaan dimana pernyataan dapat di eksekusi apabila suatu kondisi memenuhi syarat untuk mengerjakan pernyataan tersebut. Pada Python untuk melakukan suatu pengecekan kondisi, terdapat tiga macam statemen. Antara lain :
Perintah If
Statemen if digunakan untuk melakukan penyeleksian dimana jika kondisi bernilai benar maka progam akan mengeksekusi statemen dibawahnya.
Bentuk Umum :
if (kondisi) :
Statement

Perintah If-Else
Statemen if – else digunakan untuk melakukan penyeleksian kondisi dimana jika kondisi bernilai benar maka program akan mengeksekusi statemen 1. Namun, jika nilai kondisi bernilai salah maka statemen 2 yang akan dieksekusi.
Bentuk Umum :
if ( kondisi ) :
statement 1
else :
statement 2

Perintah If-Elif-Else
Statemen if - elif– else digunakan untuk melakukan penyeleksian kondisi dimana kondisi yang diberikan lebih dari 1 kondisi atau memiliki beberapa kondisi. Jika kondisi pertama bernilai benar maka lakukan seleksi kondisi ke-dua dan seterusnya.
Bentuk Umum :
if ( kondisi 1 ) :
statement 1
elif ( kondisi 2 ) :
statement 2
else:
statement 3

Perintah If Bersarang
Kondisi bersarang adalah suatu kondisi di dalam kondisi tertentu, Jika terdapat 2 cabang kondisi maka di dalam salah satu cabang kondisi tersebut dapat pula di isi suatu kondisi tertentu.

Perulangan
Perulangan atau Loop adalah suatu bentuk kegiatan mengulang pengeksekusian suatu statement hingga berkali-kali sampai batas yang di inginkan. Perulangan pada Python antara lain:
For
Perintah for dalam python mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Dalam python, statemen for bekerja mengulang berbagai macam tipe data sekuensial, misal seperti List.
Bentuk Umum :
for (variabel) in (objek) :
statement
else:
statement

Contoh Program:
x = input ('Masukkan Inputan : ')
for i in range(0, x):
print
for j in range(i,x):
print'*',

While
Perintah While digunakan untuk mengulang eksekusi statemen dalam blok while selama nilai kondisinya benar. Dan ia akan keluar atau tidak melakukan eksekusi blok statemen jika nilai kondisinya salah.
Bentuk Umum :
while (kondisi) :
Statement

Contoh Program:
a="Gunadarma"
b=8
while a:
while b:
print a[b:9]
b=b-1
print a, ' '
a=a[1:]

Perintah Break
Perintah break digunakan untuk menghentikan jalannya proses iterasi pada statemen for atau while. Statemen yang berada di bawah break tidak akan di eksekusi dan program akan keluar dari proses looping.

Perintah Continue
Statemen continue menyebabkan alur program kembali ke perintah looping. Jadi jika dalam sebuah perulangan terdapat statemen continue, maka program akan kembali ke perintah looping untuk iterasi selanjutnya.

Perintah Pass
Statemen pass mengakibatkan program tidak melakukan tindakan apa-apa. Perintah pass biasanya digunakan untuk mengabaikan suatu blok statemen perulangan, pengkondisian, class, dan fungsi yang belum didefinisikan badan programnya agar tidak terjadi error ketika proses compilasi.

¡Compártelo!

4 komentar:

I. Gde Oka Saputra

thanks infonya yah.. :)
izin bookmark..:)

MADI
This comment has been removed by the author.
MADI

makasih infonya n kunungi juga situs: belajar python lengkap www.kampungit-tanete.blogspot.co.id

Unknown

While Perintah While digunakan untuk mengulang eksekusi statemen dalam blok while selama nilai kondisinya benar. Dan ia akan keluar atau tidak melakukan eksekusi blok statemen jika nilai kondisinya salah.

itu kebalik gan, silahkan diganti #saran

Post a Comment

Buscar

 

Gunadarma

About Me

My photo
I'm college student of Gunadarma University. Majoring Informatic Engineering.
Thiinnkk Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger